Pencanangan SP2020, Berawal di Kabupaten Serang - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Banten

Untuk mendapatkan pelayanan secara langsung silakan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu (PST) di BPS Provinsi Banten pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB.Untuk pelayanan langsung di luar jam pelayanan dan di hari Sabtu dapat melakukan pendaftaran di link berikut.

Untuk meningkatkan pelayanan kami, mohon partisipasi dalam Survei Kebutuhan Data (SKD) 2024 pada tautan ini

Laporan pengaduan atas pelayanan kami dapat disampaikan melalui tautan ini

Pencanangan SP2020, Berawal di Kabupaten Serang

Pencanangan SP2020, Berawal di Kabupaten Serang

23 Januari 2020 | Kegiatan Statistik


Serang - Kamis (23/1/2020) pada pagi hari nan cerah di area kantor Bupati Kabupaten Serang, Kota Serang, Banten terlihat kesibukan yang tidak biasanya. Beberapa mobil pelat merah milik pejabat pemda, camat dan BPS terlihat di sana-sini. Bertempat di lapangan tenis indoor di lokasi kantor tersebut, saat itu sedang berlangsung kegiatan Launching Sensus Penduduk 2020 (SP2020). Kegiatan yang didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Serang ini bisa jadi akan tercatat dalam sejarah SP2020 sebagai pelaksanaan launching SP2020 yang pertama kalinya di Indonesia.

Momen ini juga sangat penting untuk sekaligus menyosialisasikan SP2020, karena dihadiri oleh lebih kurang 500 undangan, yang terdiri dari  Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Pengadilan Negeri, Kapolres, Dandim, Kejaksaan Negeri), Perwakilan Grup Kopassus, Wakil Ketua DPRD, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Staf Ahli Bupati, para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Serang, serta Kepala BPS Provisini Banten beserta jajaran, dan seluruh Kepala BPS kabupaten kota di Provinsi Banten.

Di hadapan peserta, Sekretaris Utama BPS, Adi Lumaksono menjelaskan, dipilihnya Kabupaten Serang sebagai tempat pertama kali launcing SP2020 ini adalah karena beberapa hal, diantaranya Kabupaten Serang di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupatinya adalah kabupaten yang memanfaatkan data BPS sebagai dasar pengambilan kebijakan di semua sektor. “Itu bukan berarti Ibu Bupati minta kepada BPS, tolong angka ini diturunkan atau dinaikan, tidak pernah sama sekali. Karena kami memotret dan independensi BPS ini betul-betul dijaga oleh jajaran di Pemerintah Kabupaten Serang ini”, ujar Adi.

Terkait dengan hashtag Mencatat Indonesia, lebih lanjut Adi menjelaskan dengan keluarnya UU No. 39/2019 terkait dengan Satu Data Indonesia, maka dalam SP ini juga akan mengarah kepada Satu Data Kependudukan.

Sebelumnya, dalam sambutannya Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sangat tinggi dengan dipilihnya Kabupaten Serang sebagai tempat dilaksanakannya launching perdana SP2020 ini. “Alhamdulillah Kabupaten Serang ditunjuk menjadi penyelenggara launching SP tahun 2020 yang pertama se-Indonesia. Terima kasih atas kepercayaan Bapak kepada kami, ini adalah penghargaan kepada kami yang luar biasa”, ucapnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa SP untuk Satu Data Indonesia ini adalah yang amat ditunggu-tunggu. Menurutnya, dengan perbedaan data yang terjadi selama ini agak membingungkan jajaran di pemerintahannya dalam membuat program. Karena menurutnya pula, jika datanya salah sudah tentu program yang dibuat juga menjadi tidak tepat bahkan salah sasaran.

“Dengan launching ini saya meminta kepada pak camat di 29 kecamatan, dan seluruh kades di 326 desa untuk bersama-sama mendukung SP ini, karena kegiatan ini sangat penting yang harus kita dukung. Jadi Pak Adi insya Allah di Kabupaten Serang kita siap dari mulai tingkat kabupaten sampai tingkat desa menyukseskan Satu Data Indonesia ini, karena ini untuk kebutuhan kita semua” tegas Tatu lebih lanjut.

Di akhir sambutannya, Bupati yang ramah dan energik ini sekali lagi menegaskan dukungannya terhadap program-program yang akan dilaksanakan BPS. “Tidak usah khawatir di Kabupaten Serang kita siap semua”, janji nya. (#humasnews/Wid, Kurv)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi BantenJl. Syeh Nawawi Al Bantani Kav H1-2

Kawasan Pusat Pemerintahan Prov Banten (KP3B)

Telp : (0254)267027 WhatsApp (Chat Only): 0877-3600-2020 Email : banten@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik